Begini Cara Mudah Ikut Lelang Mobil Bekas Untuk Pemula

IBID / 16 May 2019 / 50 / Seputar iBID

Dalam hal jual beli mobil bekas, banyak cara yang bisa dilakukan saat ini. Termasuk menggunakan cara lama seperti transaksi langsung antara penjual dan pembeli. Ataupun melalui situs jual beli mobil bekas. Tapi belum banyak yang mengetahui kalau Anda bisa menjual atau membeli mobil bekas melalui proses lelang.

Lelang kendaraan saat ini sudah menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang ingin memiliki mobil bekas dengan harga terjangkau. Bahkan jika beruntung Anda bisa mendapatkan mobil dengan harga yang jauh dari pasaran. 1Peminat lelang mobil bekas dari kalangan konsumen pribadi, memang masih sedikit. Karena tingginya kemungkinan membeli mobil bekas di bawah harga pasaran membuat lelang didominasi oleh para pedagang mobil bekas.

Salah satu balai lelang yang sudah memiliki nama besar adalah Balai Lelang IBID. Proses lelang di salah satu lini bisnis dari PT Serasi Autoraya (Sera) ini terbilang mudah, namun tetap membutuhkan trik tersendiri agar mendapatkan mobil yang diinginkan dengan harga sesuai. Lantas bagaimana caranya?

  1. Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika ingin mengikuti lelang adalah membandingkan harga mobil di pasaran. Ini hal yang penting agar Anda tahu batas harga dari mobil yang sedang Anda incar di balai lelang. Anda juga tidak akan terjebak membeli mobil lelang dengan harga yang lebih mahal dari harga pasarannya.

  2. Berikutnya adalah mengecek unit incaran Anda sebelum hari pelelangan dimulai. Seringkali mobil yang dilelang masih dalam kondisi yang cukup baik. Namun, tak sedikit pula yang dilelang dalam kondisi yang kurang baik. Nah, observasi terhadap mobil yang akan dilelang ini kalau di Balai Lelang IBID biasanya dapat dilakukan saat tiga hari sebelum waktu pelelangan.Di sini kesempatan untuk melihat-melihat mobil dan mengetahui kondisinya. Observasi pun dipermudah dengan adanya informasi lengkap dari pihak Balai Lelang IBID mulai dari kondisi eksterior, interior, rangka, mesin hingga berkas-berkas penting.

  3. Hal selanjutnya adalah trik saat melakukan penawaran, jika Anda sudah mendapat unit yang diincar. Perhatikan penawar lainnya dan jangan terbawa nafsu jadi hal yang terpenting di sini. Suasana saat lelang bisa jadi tak kondusif karena memang jadi ajang ‘berebut’. Pasalnya, peminat mobil lelang tak hanya Anda saja dan juga karena memang harga yang dipatok lebih rendah dari pasaran, sehingga tak jarang di balai lelang Anda akan berebut dengan peminat lainnya.

  4. Meski begitu, jangan sampai Anda menjadi lepas kendali karena takut mobil idaman lepas dari genggaman. Biasanya kalau pedagang itu pasti akan berhenti menawar di titik tertentu. Karena unitnya akan buat dijual lagi. Nah Anda tawar sedikit di atas mereka, sudah pasti bisa dapat mobil incaran dengan selisih sedikit.

  5. Terakhir adalah jika berhasil menang lelang dan mendapat mobil incaran Anda, ada baiknya segera bawa mobil ke bengkel langganan Anda. Meskipun kondisi secara fisik terlihat baik, tetapi tidak ada salahnya Anda tetap lakukan pemeriksaan lebih mendalam dengan bantuan teknisi kepercayaan Anda guna menghindari kerusakan yang lebih besar dan biaya-biaya lebih mahal.

Mencari mobil di balai lelang IBID prosesnya pun sangat mudah dan bisa diikuti oleh individu atau masyarakat umum. Bahkan Anda bisa memilih sendiri mau ikut cara pelelangan yang mana. Yaitu onsite (digelar di lokasi lelang, penawar bertatapan langsung) atau secara online.



8

Kirim Artikelnya

Artikel Terkait