Langkah yang Harus Dilakukan Sebelum Ikut Lelang Mobil

IBID / 07 May 2019 / 50 / Seputar iBID

Proses jual beli mobil bekas yang masih dilakukan sekarang ini adalah melalui iklan mobil bekas. Tapi kalau melakukan pembelian mobil bekas lewat sistem lelang masih jarang dilakukan oleh pembeli langsung. Memang selama ini beli mobil dengan lelang menjadi incaran bagi para pedagang mobil bekas. Alasannya karena harga yang murah sehingga masih bisa meraup untung jika dijual kembali.

Tapi di balai lelang IBID, konsumen pribadi juga bisa ikut serta membeli mobil secara lelang. Prosesnya pun cukup mudah, kurang lebih mirip seperti proses jual beli konvensional. Bahkan sekarang ini lelang sudah menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang ingin memiliki mobil dengan harga terjangkau. Bahkan jika beruntung Anda bisa mendapatkan mobil dengan harga yang jauh dari pasaran dengan kondisi yang masih bagus.

Jadi buang jauh-jauh anggapan membeli mobil bekas di pelelangan itu merepotkan, prosedurnya rumit. Tapi di balai lelang IBID prosesnya tidaklah sulit, cukup daftar terlebih dahulu dan persyaratannya pun sederhana.

Proses lelang memang membutuhkan trik tersendiri agar mendapatkan mobil yang diinginkan dengan harga sesuai. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengikuti lelang kendaraan di Balai Lelang IBID.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengecek jadwal lelang agar tidak ketinggalan dan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan kendaraan incaran.

  2. Langkah berikutnya adalah melakukan pemeriksaan detail kendaraan, baik kondisi kendaraan maupun surat-surat lengkapnya. Kegiatan observasi dapat dilakukan saat tiga hari sebelum waktu pelelangan. Biasa disebutnya open house dan jadi kesempatan untuk melihat-melihat mobil dan mengetahui kondisinya.

  3. Setelah melakukan observasi dan mendapat barang incaran, Anda harus melakukan pembelian Nomor Peserta Lelang (NPL) yang berfungsi sebagai alat penawar nantinya. Di mana satu NPL hanya berlaku untuk menawar satu objek lelang. Pembelian NPL ini beragam, untuk mobil dikenakan biaya Rp 5 juta sebagai jaminan, motor Rp 1 juta dan perangkat elektronik Rp 100 ribu. Jaminan ini akan dikembalikan apabila peserta tidak mendapatkan objek lelang sama sekali.

  4. Apabila sudah mengetahui mobil mana yang akan ditawar, trik selanjutnya adalah saat pelelangan. Momen ini menjadi penentu apakah Anda akan membawa pulang mobil yang diincar. Harap diingat kalau ada mobil yang dikeluarkan langsung ditawar orang, bisa jadi mobil itu kualitasnya bagus. Lebih bagus lagi kalau ternyata yang nawar itu pedagang, pasti untuk dijual lagi. Meski begitu, jangan sampai terlalu terbawa suasana ketika proses pelelangan. Suasana yang cukup panas saat tawar menawar bisa saja menjerumuskan, sehingga harga yang didapat tidak sesuai atau bahkan lebih mahal.

  5. Langkah terakhir jika Anda berhasil mendapatkan objek yang diinginkan, maka Anda perlu melakukan pelunasan dalam jangka waktu maksimal 3 hari dari pembelian NPL. Jika peserta tidak segera melakukan pelunasan maka NPL yang sudah disetorkan akan hangus alias tak dikembalikan.


Mudah bukan? Jika masih ingin tanya-tanya soal lelang di IBID bisa kontak via “hubungi kami” atau melalui online chat.


227

Kirim Artikelnya

Artikel Terkait