Daihatsu Ayla Turbo Tidak Untuk Diproduksi Massal

IBID / 15 April 2019 / 50 / Seputar iBID

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memang memiliki pusat riset dan pengembangan (R&D) di Indonesia. Bahkan, untuk menunjukan kemampuan dalam rancang bangun kendaraan, pabrikan asal Jepang ini melakukan modifikasi resmi untuk salah satu modelnya, Ayla.

Tidak tanggung-tanggung, Daihatsu mengubah mobil murah ramah lingkungannya tersebut dengan membenamkan turbo. Bahkan, Daihatsu Ayla turbo ini sudah dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di Tangerang, tahun lalu.

Selain untuk menunjukan kemampuan tim R&D, modifikasi Daihatsu Ayla turbo ini juga untuk memberikan inspirasi dalam memodifikasi kendaraan. Khususnya, bagi pecinta roda dua yang menggemari teknologi turbo, dan kecepatan pastinya.

Untuk ubahan Daihatsu Ayla turbo ini, meliputi mesin, transmisi, knalpot, bodi, suspensi, roda dan tentu saja turbocharger. Dengan penambahan komponen tersebut, Ayla turbo ini tidak lagi hanya sekedar mobil murah, tapi sudah layak disandingkan dengan mobil balap, dan mampu dites di sirkuit dengan regulasi yang ditetapkan Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Melalui pengetesan internal yang dilakukan Daihatsu, Ayla turbo ini mampu menghembuskan daya hingga 200 Tk dengan torsi maksimum 242 Nm. Akselarasinya, dari 0 sampai 100 km/jam mampu ditempuh dalam waktu 10,3 detik.

Untuk informasi, dengan ubahan yang tersemat di Daihatsu Ayla turbo ini, PT ADM menghabiskan investasi kurang lebih sekitar Rp 500 jutaan. Tapi sayang, dengan investasi besar tersebut, PT ADM belum berencana untuk memproduksi Ayla turbo ini secara massal, dan dijual secara bebas di Indonesia.

Jika Anda tertarik untuk melakukan modifikasi yang sama untuk mobil LCGC mungkin bisa mencari mobil bekas sebagai bahannya. Kalau mencari mobil bekas bisa menyambangi balai lelang IBID karena harganya terjangkau dan banyak pilihan, jenis dan model. Satu hal yang terpenting mobil di balai lelang IBID ini harganya jauh lebih murah daripada di penjual mobil bekas.

Mencari mobil di balai lelang IBID prosesnya pun sangat mudah dan bisa diikuti oleh individu atau masyarakat umum. Bahkan Anda bisa memilih sendiri mau ikut cara pelelangan yang mana. Yaitu onsite (digelar di lokasi lelang, penawar bertatapan langsung) atau secara online.


0

Kirim Artikelnya

Artikel Terkait